Profil Daerah

loading Photo: ppid.pasamanbaratkab.go.id

KABUPATEN PASAMAN BARAT

Kabupaten Pasaman Barat adalah salah satu kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Daerah ini dibentuk dari hasil pemekaran Kabupaten Pasaman berdasarkan UU No.38 Tahun 2003 tanggal 18 Desember 2003, dengan ibu kota kabupaten di Simpang Ampek. Potensi terbesar Pasaman Barat terletak pada sektor perkebunan kelapa sawit, jeruk, salak, karet, kopi dan cocoa.

Sejarah Kabupaten Pasaman Barat   

Menurut sejarahnya, nama Kabupaten Pasaman Barat diambil dari nama sebuah gunung yang terdapat di daerah Kabupaten Pasaman. Selain itu juga terdapat sebuah sungai yang bernama sungai Pasaman. Kata Pasaman sendiri berasal dari kata “Pasamoan” yang berarti kesepakatan atau kesamaan pendapat antar golongan etnis penduduk yang mendiami wilayah Pasaman yaitu Minangkabau, Mandahiling dan Jawa.    

Sebenarnya secara kultural cukup banyak perbedaan antara Suku Minangkabau, Suku Mandahiling dan Suku Jawa. Perbedaan ini dibidang adat istiadat, bahasa, sikap dan prilaku hidup. Namun dibalik perbedaan itu pula banyak kesamaan visi dan persepsi sehingga mereka dapat hidup berdampingan dalam kerukunan dan kedamaian.    Setelah lebih dari setengah abad akhirnya dengan adanya otonomi daerah Pasaman dimekarkan menjadi dua kabupaten berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2003 yakni Kabupaten Pasaman (Kabupaten Induk) dan Kabupaten Pasaman Barat (Kabupaten Pemekaran). Kabupaten Pasaman Barat resmi berdiri pada tanggal 7 Januari 2004 dengan luas wilayah 3.887,77 Km2 yang terdiri dari 11 kecamatan. 

 Visi Dan Misi Pembangunan Daerah Kabupaten Pasaman Barat

Visi Pembangunan jangka menengah pada dasarnya merupakan kondisi objektif yang diinginkan dapat dicapai oleh masyarakat kabupaten pasaman barat untuk periode jangka menengah mendatang. Kondisi yang diinginkan tersebut ditetapkan degan mengacu pada aspirasi dan keinginan masyarakat sebagaimana telah dilakukan dengan memperhatikan keadaan umum daerah dewasa ini dan presiksi untuk 5 tahun mendatang. Dengan demikian, visi yang dirumuskan ini sebenarnya adalah merupakan kondisi realistis yang diharapkan akan dapat dicapai oleh seluruh warga kabupaten pasaman barat dimasa mendatang. Berikut ini visi jangka menengah pemerintah daerah kabupaten pasaman barat tahun 2021-2026 adalah :

       “ Mewujudkan Pasaman Barat Bermartabat, Agamais, Maju Dan Sejahtera”

Berdasarkan visi jangka menengah pemerintah daerah kabupaten pasaman barat tahun 2021-2026, maka ditetapkan misi jangka menengah pemerintah daerah kabupaten pasaman barat tahun 2021-2026 sebagai upaya dalam mewujudkan visi, sebagai berikut :

1. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang profesional dan inovatif

2. Meningkatkan pengamalan ajaran agama dan nilai budaya dalam tatanan kehidupan masyarakat

3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia

4. Mewujudkan perekonomian yang tangguh dan berdaya saing

5. Meningkatkan pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan