Dinas Kearsipan Pasbar Gelar sosialisasi Perda dan Perbup

loading Photo: ppid.pasamanbaratkab.go.id

pasamanbaratkab.go.id--  Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pasaman Barat menggelar sosialisasi Peraturan Daerah No 12 tahun 2019 tentang Penyelenggarakan Kearsipan, Perda No 2 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Perpustakaan serta Peraturan Bupati No.63 Tahun 2020 di aula kantor bupati setempat, Selasa (27/4/2021). 

Sosialisasi yang dibuka secara resmi oleh Bupati Pasaman Barat Hamsuardi tersebut sangat penting artinya untuk memajukan dunia kearsipan dan perpustakaan di Bumi Mekar Tuah Basamo tersebut.

"Dunia kearsipan tidak boleh dipandang sebelah mata. Karena ini adalah catatan rekaman dan menyimpan sejarah. Literasi dan dunia kearsipan merupakan ladang ilmu bagi kita semuanya. Untuk itu, terimakasih kepada stakeholder terkait yang telah melakukan kegiatan ini,"kata Hamsuardi dalam sambutannya.

Ia menambahkan, bahwa kearsipan sangat penting adanya, bukan hanya untuk masa ini. Melainkan untuk tahun-tahun berikutnya. 

Untuk itu, lanjutnya, sosialisasi mengenai Perda No 12 tahun 2019 tentang Penyelenggarakan Kearsipan, Perda No 2 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Perpustakaan serta Perbub No 63 Tahun 2020 ini harus diikuti dengan fokus dan serius oleh peserta. Agar isi dari UU tersebut sampai kepada masyarakat dan stakeholder terkait lainnya.

"Ikutilah kegiatan ini dengan baik dan maksimal, agar apa yang disampaikan dalam UU tersebut sampai pada sasarannya,"ujar Hamsuardi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pasaman Barat, Sutriarti menyampaikan bahwa sosialisasi  tersebut bertujuan untuk menambah pengetahuan masyarakat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terhadap pentingnya kearsipan serta memberikan pemahaman mengenai perpustakaan.

"Sosialisasi ini diharapakan diterapkan di Organisasi Perangkat Daerah maupun pemerintah nagari, agar terwujudnya tata kelola kearsipan dan terlaksanakan perpustakaan yang baik"ujar Sutriarti

Acara ini di hadiri oleh para OPD, Camat se-Kabupaten Pasaman Barat, Wali Nagari se Kabupaten Pasaman Barat dan Tokoh Masyarakat serta stakeholder terkait lainnya.