Bupati Hamsuardi Lantik pengurus PKK Pasbar Periode 2021-2024

loading Photo: ppid.pasamanbaratkab.go.id

pasamanbaratkab.go.id-- Bupati Pasaman Barat Hamsuardi melantik pengurus PKK Kabupaten Pasaman Barat periode 2021-2024 di Balairung Pusako Anak Nagari, Sabtu (10/4).

Segenap jajaran Tim Penggerak PKK mulai dari tingkat kabupaten sampai nagari hingga jorong dan kelompok PKK lainnya diharapkan benar-benar serius melaksanakan berbagai kegiatan yang telah di susun, serta meningkatkan kinerja Tim Penggerak PKK. Mampu memberi kan kontribusi yang nyata, pemberdayaan keluarga di wilayah masing masing.

Hal tersebut disampaikan Bupati Hamsuardi dalam sambutannya pada acara Rapat Kerja Daerah IX PKK Kabupaten Pasaman Barat, yang mengangkat tema "Kemitraan dan Sinergitas Menjadi Kunci Dalam Mewujudkan Keluarga Berdaya dan Sejahtera".

Bupati Hamsuardi menegaskan, kepada seluruh kader PKK harus mampu memberikan pemahaman terhadap berbagai program pemerintah maupun program PKK kepada masyarakat.

"Posisi dan peranan gerakan PKK sesungguhnya sudah dapat menggambarkan betapa strateginya fungsi TP PKK yang tersebar di seluruh pelosok nagari,"ujarnya.

Ia menyebutkan, TP PKK dapat menjadi perekat antara fungsi-fungsi kemasyarakatan dan fungsi pemerintahan. TP PKK juga dapat berperan sebagai unsur terdepan yang akan menggalang peran serta masyarakat. Program program pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang berkaitan langsung dengan peran serta masyarakat, sudah seharusnya memperoleh dukungan dari TP PKK.

Keanekaragaman potensi kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi di setiap wilayah merupakan tantangan bagi jajaran TP PKK untuk melahirkan kreativitas dan inovasi dalam pelaksanaan program-programnya.

"Mensiasati hal-hal tersebut perlu adanya kader-kader PKK yang berkualitas dan mumpuni yang harus bekerja cerdas, bekerja keras dan bekerja tuntas dalam pelaksanaan program. Untuk itulah tim penggerak PKK menempatkan peningkatan kualitas kader melalui berbagai pelatihan sebagai prioritas utama,"kata Hamsuardi.

Sebagai sebuah gerakan PKK diharapkan tetap konsisten dengan usaha-usaha menangani berbagai permasalahan keluarga di tengah-tengah masyarakat. Semua permasalahan ini sebetulnya bisa diatasi apabila segenap warga yang ada mampu melaksanakan fungsinya dengan baik dan mempunyai landasan agama yang kokoh, disinilah PKK dapat berperan lebih besar dalam motivasi anggota keluarga.

"Saya berpesan, sebagai sebuah gerakan PKK tetap konsisten dengan usaha-usaha program dan kegiatan yang menangani berbagai masalah kesejahteraan keluarga yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Kepada semua pengurus dan segenap kader tetap menjadi kader PKK yang profesional dan dapat menjadi mitra pemerintah dalam melaksanakan pembangunan keluarga, tidak hanya piawai dalam mengurus dan mengelola organisasi namun juga piawai dalam mengelola rumah tangga,"kata Hamsuardi.

Sementara itu, ketua TP PKK Kabupaten Pasaman Barat Titi Hamsuardi, siap melaksanakan program-program PKK dan siap mendukung pemerintahan dalam melayani masyarakat Kabupaten Pasaman Barat.

"Semua itu tentunya perlu dukungan dan kekompakan kader-kader PKK. Ini merupakan langkah awal untuk melaksanakan program program PKK kedepannya. Saya sebagai ketua PKK Kabupaten Pasaman Barat mohon kerjasama dan dukungan kepada kader-kader PKK mulai dari kader-kader kabupaten, Nagari hingga kejorongan,"kata Titi Hamsuardi.