Baznas Pasbar Salurkan 50 Beasiswa Wabup Risnawanto Harapkan Dapat Atasi Masalah Pendidikan

loading Photo: ppid.pasamanbaratkab.go.id

pasamanbaratkab.go.id-- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) salurkan Zakat Program Beasiswa Pasaman Barat Cerdas kepada 50 mahasiswa STAI YAPTIP Pasbar pada Jumat (17/9). 

Manfaat zakat program beasiswa Pasaman Barat Cerdas tersebut diserahkan oleh Wakil Bupati Risnawanto didampingi staf ahli bidang keagamaan Adrianto, Kadis Kominfo Edy Murdani, pengurus  Baznas Pasaman Barat, serta stakeholder terkait lainnya di aula kampus STAI YAPTIP Pasbar.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Risnawanto menjelaskan bahwa program beasiswa Pasaman Barat Cerdas ini sangat membantu dan menunjang generasi muda dalam menempuh dunia pendidikan. Karena, jika bicara kecerdasan maka erat kaitannya dengan pendidikan. 

"Kepada penerima beasiswa, saudara inilah yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan kami kelak. Di pundak kalian tertumpang harapan pembangunan ini,"kata Risnawanto.

Ia melanjutkan, Di Pasbar masih banyak Sumber Daya Alam (SDA) yang belum digali. Untuk menggali potensi alam tersebut sangat dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas dan berkompeten.   salah satu langkah untuk mencapai hal itu adalah menempuh dunia pendidikan.

"Sekarang ini kita tidak hanya dilanda oleh pandemi Covid-19, namun kita juga dilanda oleh kelemahan SDM. Apalagi saat ini, teknologi sudah semakin canggih. Dunia pendidikan tidak hanya bersaing dengan pendidikan di dalam negeri, namun juga dari luar negeri. Untuk itu, saudara semua inilah generasi cerdas yang akan  melanjutkan itu.  Terus lanjutkan pendidikan, jika ada permasalahan, kita cari solusinya,"ucap Risnawanto.

Salah satu masalah di dunia pendidikan saat ini, lanjutnya, adalah masalah biaya. "Dengan adanya bantuan beasiswa program Pasbar Cerdas dari Baznas ini dapat mengatasi masalah tersebut,"harapnya.

"Reski itu akan selalu terbuka jika kalian ikhlas dalam menuntut ilmu. Beasiawa ini mungkin tidak seberapa, namun ini sebagai bentuk suatu perhatian dari Pemerintah Daerah dan Baznas untuk dunia pendidikan,"ujar Risnawanto 

Selain itu, Wabup Risnawanto juga meminta kepada pihak kampus untuk melakukan program Vaksinasi bagi mahasiswa. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk melawan itu.

"Nanti kampus bisa berkoordinasi dengan pihak puskesmas dan juga bisa vaksinasi di sini,"kata Risnawanto.

Sementara itu, Ketua Baznas Pasbar Muhajir mengatakan jika zakat program beasiswa Pasaman Barat Cerdas tahun 2021 itu di salurkan kepada 50 mahasiswa di Kampus YAPTIP dengan total dana sebanyak Rp75.000.000, dengan rincian satu orang Rp1.500.000. 

"Kita rencanakan juga beasiswa ini untuk mahasiswa di Yappas, UBK Ujung Gading. Pemberian beasiswa ini sesuai juga dengan aznab penerimaan Zakat atau disebut dengan aznab 8,"ujar Muhajir.

Sambutan hangat dari Ketua STAI Yaptip Mita Fitria, dengan adanya bantuan untuk mahasiswa STAI Yaptip maka mahasiswa yang tidak bisa melanjutkan pendidikan bisa terbantu. 

"Kami berharap di tahap berikutnya bantuan dari pemerintah daerah semakin meningkat dan bisa semakin memberikan solusi bagi siswa yang kurang mampu,"katanya.