Pasbar Juara Harapan I Tingkat Sumbar Sebagai Perpustakaan Umum Terbaik

loading Photo: ppid.pasamanbaratkab.go.id

pasamanbaratkab go.id--  Nagari Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang mewakili Kabupaten Pasaman Barat dalam lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Nagari/Desa dan Kelurahan) tingkat Provinsi Sumatera Barat. Dalam kompetisi itu, Pasbar berhasil meraih juara harapan 1 sebagai perpustakaan umum terbaik.

"Alhamdulilah pustaka Nagari Ujung Gading berhasil menjadi juara harapan 1 di tingkat Provinsi Sumatera Barat dalam lomba perpustakaan umum terbaik," kata Sutriarti Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pasbar, Rabu (15/9).

Ia berharap literasi di Kabupaten Pasaman Barat ke depan dapat semakin berkembang dan berperan dalam meningkatkan pembangunan di bumi mekar Tuah Basamo.

Ia menambahkan, untuk meningkatkan budaya literasi secara berkala, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia mengadakan beberapa kegiatan lomba. Antara lain Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Nagari/ Desa dan Kelurahan) dan Lomba Bertutur/ Bercerita Bagi SD/MI.

"Pada kesempatan ini lah kita meraih juara harapan 1," ujar Sutriarti.

Ia menjelaskan, bahwa Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pasaman Barat selama 4 tahun berturut-turut. Mukai tahun 2018  sampai tahun 2021 selalu mendapat prestasi baik di Tingkat Nasional maupun di Tingkat Provinsi Sumatera Barat. Dengan prestasi sebagai berikut :

1. Tahun 2018 : Juara 2 tingkat Provinsi Sumatera Barat lomba perpustakaan umum terbaik diwalikili oleh Perpustakan Nagari Koto Baru.

2. Tahun 2019 : Juara 1 tingkat Nasional lomba perpustakaan umum terbaik di  oleh Perpustakan  Nagari Koto Baru.

3. Tahun 2019 : Juara Favorit tingkat Nasional lomba Bercerita bagi SD/MI

4. Tahun 2020 : Juara 3 tingkat Nasional lomba perpustakaan umum terbaik di  oleh Perpustakan  Nagari Sasak.

5. Tahun 2021 : Juara Harapan 1 tingkat Provinsi Sumatera Barat perpustakaan umum terbaik di  oleh Perpustakan  Nagari Ujung Gading.